Mengatasi writer's block - mogamogaku.com/blog

Tiga Cara Paling Ampuh Mengatasi Writer’s Block

Writer’s block adalah kondisi ketika seorang penulis tidak mampu memikirkan apa yang hendak ia tulis. Sebagai seorang blogger, kemungkinan besar anda akan menemui kondisi ini. Jangan menyerah, karena ada senjata ampuh untuk mengatasi writer’s block.

Mengatasi writer’s block sangat mudah. Anda dapat memilih salah satu dari tiga cara ampuh ini. Atau bahkan mencoba semua cara ini:

Menulis dulu, edit menyusul.

Bagaimanapun beratnya untuk memulai menulis, anda bisa menggunakan tips nomor satu ini untuk mengatasi writer’s block. Caranya, ketika sedikit saja pikiran anda menyentuh tentang sebuah ide, segeralah mulai menulis. Tulislah semampu yang anda bisa.

 

Ketika anda sudah memulai proses menulis, seringkali kreativitas anda akan segera menyibak tabir yang menghalang-halangi kemauan anda untuk menulis. Pada momen inilah anda dapat melakukan proses yang lebih jauh. Anda dapat mulai menaruh perhatian dalam proses editing.

Sebenarnya trik ini berlaku juga dalam kondisi umum. Proses menulis dengan metode ini cukup menyenangkan karena pada tahap awal anda dapat menuliskan apapun tanpa terpaku pada batasan-batasan tertentu.

Saatnya blog walking

Blog walking adalah kegiatan menelusuri dan membaca blog-blog lain. Membaca topik-topik yang anda sukai di blog-blog lain dapat menjadi bekal anda untuk berkreativitas. Blog walking sangat efektif ketika anda merasa tidak punya ide.

Blog-blog lain seringkali memiliki karya yang menarik yang mana anda dapat menggali lebih dalam tentang topik itu. Seringkali dengan melakukan blog walking akan membangkitkan ingatan anda akan sebuah topik yang ingin anda tuliskan di masa lalu dan belum terlaksana.

Melihat keberhasilan blog lain bahkan dapat anda gunakan sebagai pemacu semangat dalam menulis. Jika anda jeli, anda akan mendapatkan faktor apa yang membuat blog tersebut sukses. Dengan pengetahuan itu, anda akan terpacu untuk segera mengisi blog anda.

Ganti suasana

Duduk menulis di satu tempat setiap hari dapat membuat anda jenuh. Pikiran anda akan berhenti berkreativitas. Untuk menyiasati ini anda dapat segera mengganti suasana.

Mengatasi writer's block

Menulis di kedai kopi mungkin menjadi ide yang bagus. Bagaimana dengan menulis di taman yang rindang? Atau di pantai misalnya. Tempat-tempat tertentu mungkin akan membangkitkan kreativitas anda.

Ada saran penting di tips nomor tiga ini. Sering terjadi anda bahkan tidak menuliskan apapun ketika anda berganti suasana. Mungkin karena suasana baru itu terlalu riuh dan mengganggu buat anda. Anda harus segera memutuskan untuk mengambil tindakan lain ketika hal ini terjadi. Namun apabila anda cukup kreatif, suasana baru yang tidak mendukung ini justru akan menjadi materi tulisan yang unik bagi anda.

Sebenarnya sesering apakah writer’s block ini akan menghampiri anda? Sesungguhnya writer’s block tidak datang menghampiri anda. Tapi anda sendirilah yang menciptakan kondisi ini. Anda mungkin tidak sadar bagaimana anda menciptakan sendiri writer’s block anda.

Namun dengan melakukan hal-hal sederhana ini anda tidak akan lagi menciptakan writer’s block.

Peminat dan penikmat WordPress, blogging, desain, dan marketing.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *