mogamogaku.com/blog - SEO dan konten

Syarat Blog Sukses: Terapkan SEO dan Sediakan Konten Berkualitas

Apa syarat blog sukses? Mengelola blog ibarat mengendarai sepeda. Anda membutuhkan dua komponen penting. Roda depan dan roda belakang. Anggap saja roda depan adalah konten berkualitas yang anda sediakan dan roda belakang adalah SEO yang anda terapkan. Melepaskan salah satunya bisa membuat perjalanan anda tidak menyenangkan.

Syarat blog sukses. Apa saja sebenarnya syarat blog sukses? SEO (search engine optimization) mengacu pada cara-cara mengoptimalkan kemungkinan sebuah situs/blog muncul sebagai hasil pencarian oleh mesin pencari berdasarkan kata kunci yang dimasukkan pengguna. Sebenarnya menyediakan konten yang berkualitas merupakan bagian dari SEO itu sendiri. Namun untuk memperjelas peranan masing-masing bisa kita pisahkan sejenak dan pastikan anda menentukan topik blog anda dengan tepat!

Dalam konteks pencarian melalui mesin pencari, sebuah blog dituntut untuk ‘bersahabat’ dengan mesin pencari tersebut. Ini menjadi tugas penting selain menyediakan konten berkualitas. Karena bila sebuah blog tidak ‘bersahabat’ dengan mesin pencari, maka ia tidak akan muncul sebagai hasil pencarian. Maka percuma saja konten berkualitas yang telah disediakan sedemikian rupa. Inilah mengapa kemudian muncul istilah SEO sebagai langkah optimalisasi persahabatan antara blog dan mesin pencari. Itulah sebenarnya syarat blog sukses.

Untuk memenuhi syarat blog sukses, SEO atau konten berkualitas?

Beberapa blogger mungkin tidak melakukan SEO sama sekali. Mungkin bahkan ia tidak sadar telah memberlakukan kebijakan bagi blognya untuk tidak memberi ijin pada mesin pencari menelusuri blognya. Akibatnya calon pengunjung tidak mengetahui keberadaan blog tersebut. Blogger setidaknya harus melakukan SEO dasar apabila ingin publik mengetahui informasi yang disediakan lewat mesin pencari. Itu menjadi salah satu syarat blog sukses.

Apakah ini berarti akan membuat fokus seorang blogger terbagi karena selain harus sibuk memberikan konten berkualitas, ternyata ada tuntutan juga untuk ‘bersahabat’ dengan mesin pencari? Dua hal ini, manakah yang harus diprioritaskan?

Prioritas yang tepat memang harus diberikan terhadap dua hal itu. Karena memang itulah syarat blog sukses. Masing-masing harus mendapatkan porsi tertentu. Namun mungkin tidak banyak blogger yang tahu bahwa sebenarnya penerapan SEO dasar sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Secara umum anda sebaiknya memberikan porsi lebih besar atas ketersediaan konten berkualitas ketimbang menerapkan trik-trik SEO berlebihan.

Sebuah mesin pencari, Google misalnya, sebenarnya hanya menuntut sebagian kecil perhatian anda. Mesin pencari itu hanya meminta bantuan anda agar dapat menemukan blog anda. Siapa tahu anda memiliki informasi yang dibutuhkan pengguna mesin pencari. Itu saja.

Langkah awal SEO: perkenalkan blog anda kepada mesin pencari

Langkah awal untuk mengenalkan blog anda kepada sebuah mesin pencari (dalam hal ini Google) dapat dilakukan dengan tiga syarat mudah. Inilah syarat itu (sumber: support.google.com):

1. Pastikan anda mengijinkan mesin pencari untuk menelusuri blog anda.

Penyetelan ijin ini bisa dilakukan pada CMS (content management system) yang anda pakai. Caranya mungkin agak berbeda misalnya antara Blogger dan WordPress.

Syarat Blog Sukses - Ijinkan mesin pencari mengindeks situs anda
Pilihan untuk mengijinkan atau tidak mengijinkan mesin pencari mengindeks situs/blog anda. Screenshot dashboard CMS WordPress.

2. Pastikan anda mendaftarkan URL blog anda ke Google.

Untuk mempercepat Google menemukan situs anda, anda dapat mendaftarkan URL atau alamat blog anda secara manual ke Google.

3. Pastikan anda mendaftarkan site map blog anda ke Google.

Ini mempermudah Google untuk menelusuri seluruh isi situs anda. Jika Google menemukan isi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan pengguna, Google akan segera menampilkan konten tersebut sebagai salah satu hasil pencarian.

Tiga syarat dasar ini sudah cukup bagi mesin pencari untuk mengenal blog anda.

Perhatikan bahwa langkah nomor satu adalah langkah terpenting. Ini menyangkut kebijakan yang dianut Google untuk menghargai privasi blogger. Sebenarnya seorang blogger bisa saja memilih untuk tidak memberi ijin pada mesin pencari mengetahui keberadaannya. Jika ini yang diinginkan, maka mesin pencari tidak akan menelusuri halaman blog anda dan tidak menyertakan blog anda sebagai salah satu hasil pencarian.

Setelah Google berkenalan dengan blog anda, buatlah mereka menjadi ‘sahabat’

Menjalin ‘persahabatan’ dengan Google sangat penting. Karena dengan cara itu, sebuah blog dapat tampil sebagai salah satu hasil pencarian. Syarat utama menjadi ‘sahabat’ Google adalah dengan menyediakan konten berkualitas dan orisinal.

Google memiliki algoritma yang kian sempurna hingga ia menjadi sangat selektif. Ia hanya mau ‘bersahabat’ dengan blog yang memiliki konten berkualitas dan menjawab kebutuhan penggunanya. Dia bahkan dapat mendeteksi kecurangan-kecurangan yang dilakukan sebuah blog demi mendongkrak SEO. SEO yang berlebihan sangat berpotensi merusak reputasi sebuah blog. Akibatnya mesin pencari menolak untuk memasukkan blog tersebut sebagai hasil pencarian.

Google memberikan beberapa hal dasar untuk menggambarkan seperti apakah konten berkualitas itu. Inilah gambaran dasarnya (sumber: support.google.com):

  • Buatlah konten halaman yang memang diperuntukkan bagi pengunjung, bukan untuk mesin pencari.
  • Jangan mencurangi pengunjung.
  • Hindari segala macam trik untuk mendongkrak ranking mesin pencari. Fokus pada apa yang membuat situs anda unik, bernilai, dan dapat melibatkan pengunjung. Buatlah situs anda lain dari yang lain di bidang yang sama.

Untuk memenuhi syarat blog sukses, jelas bahwa Google tidak menyarankan penggunaan trik-trik SEO berlebihan. Google sangat menekankan pada pentingnya ketersediaan konten berkualitas. Jadi mengapa repot-repot membanjiri blog anda dengan trik-trik pendongkrak ranking?

Adapun trik-trik SEO terlarang yang sering dipakai adalah (sumber: support.google.com):

  • Pembuatan konten otomatis.
  • Berpartisipasi dalam skema tautan.
  • Membuat halaman dengan konten tanpa atau hanya sedikit mengandung orisinalitas.
  • Cloacking atau praktek pengalihan isi atau URL yang intinya mengelabui mesin pencari dan pengguna.
  • Pengalihan URL ke halaman lain dengan isi yang sama sekali berbeda dengan maksud mengelabui pengguna.
  • Praktik pembuatan teks atau link tersembunyi dengan maksud mengelabui mesin pencari.
  • Doorway pages. Praktik pembuatan halaman tertentu dengan maksud pencapaian ranking yang tinggi di mesin pencari.
  • Praktik pengambilan konten dari situs/blog lain tanpa penambahan konten orisinal apapun.
  • Berpartisipasi dalam program afiliasi tanpa nilai tambah nilai apapun bagi pengguna.
  • Menjejali sebuah halaman dengan banyak sekali kata kunci yang tidak relevan.
  • Membuat halaman dengan tujuan merusak, seperti praktik phising, peyusupan virus, trojan, maupun badware.
  • Menyalahgunakan rich snippets (snippet adalah deskripsi singkat tentang informasi yang terkandung dalam sebuah halaman. Snippet dapat membantu mesin pencari mengenali halaman tersebut).
  • Mengirimkan query otomatis ke Google.

Bagaimana tampil di posisi teratas hasil pencarian?

Tampil sebagai hasil pencarian teratas menjadi salah satu tanda bahwa blog tersebut telah memenuhi syarat blog sukses. Namun tampil sebagai hasil pencarian teratas dengan tetap mempertahankan kualitas blog adalah hal yang sulit. Fokus yang sebaiknya diambil seorang blogger seharusnya jauh melampaui itu. Yakni selalu berusaha menyajikan yang terbaik bagi pengunjung dan menerapkan SEO dasar. Sebenarnya banyak cara untuk memenuhi syarat blog sukses tanpa memusingkan diri dengan trik-trik SEO. Google bukan menjadi satu-satunya pintu masuk bagi blog anda bukan?

Seorang blogger bisa saja melakukan publikasi blog lewat media sosial atau bahkan promosi offline. Lantas seiring dengan meningkatnya kunjungan ke blog tersebut, maka algoritma mesin pencari juga akan mendeteksi keberadaan blog tersebut. Mesin pencari akan menampilkan blog anda karena memang memiliki isi yang berkualitas.

Algoritma sebuah mesin pencari selalu memperbaiki diri setiap hari. Ini berarti algoritma tersebut mengikuti dinamika pencarian. Mengevaluasi ketepatan hasil pencarian. Setiap hari algoritma ini kian sempurna. Isi yang berkualitas menjadi fokus pencariannya.

Seiring membaiknya algoritma, ke depannya (mungkin sudah terasa akhir-akhir ini) hasil pencarian teratas merupakan situs/blog yang paling tepat dan berkualitas. Bahkan bila blog tersebut tidak melakukan trik-trik SEO samasekali. Hal ini adalah kondisi ideal yang sejatinya ingin dicapai mesin pencari.

Logikanya, perusahaan mesin pencari bernilai triliunan rupiah tidak ingin mencemarkan namanya sendiri dengan menampilkan hasil pencarian yang tidak berkualitas.

Bagaimana, masih ingin sibuk mencari trik-trik SEO berlebihan?

Selamat berkarya!

Peminat dan penikmat WordPress, blogging, desain, dan marketing.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *