Pilih WordPress.org, WordPress.com, atau Blogger

Pilih WordPress atau Blogger? Pilih WordPress.org, WordPress.com, atau Blogger sebagai blogging platform? Pertama anda sebaiknya membaca artikel ini hingga tuntas. Kedua, pastikan kebutuhan blog anda. Ketiga, tentukan pilihan berdasarkan kebutuhan.

Blogging platform adalah perangkat lunak atau layanan yang anda gunakan untuk mempublikasikan konten anda di internet dalam bentuk blog. Baik anda pilih WordPress atau Blogger, blogging platform adalah bentuk spesifik dari CMS (content management system). 

Pilih WordPress atau Blogger? Sebenarnya blogging platform tidak hanya WordPress dan Blogger. Ada juga squarespace, medium, weebly, wix, dan lain-lain. Namun kali ini hanya akan diperbandingkan antara WordPress.com, WordPress.org, dan Blogger.

Semua blogger merupakan individu-individu unik yang memiliki kebutuhan yang unik pula. Tidak sama satu dengan yang lain. Seorang blogger mungkin hanya ingin berfokus pada konten blog. Seorang blogger yang lain mungkin menemukan kesenangan mengoprek blognya dari waktu ke waktu. Seorang yang lain lagi mungkin ingin membuat blog nya sendiri dari nol. Tanpa template yang sudah disediakan.

Pilih WordPress atau Blogger?

Cara memilih antara WordPress.org, WordPress.com, atau Blogger, anda wajib mengetahui dulu perbandingan singkat ketiganya.

Cara memilih blogging platform - Perbandingan platform

Mengapa sangat penting mengetahui kebutuhan blog anda sebelum memilih platform? Karena memutuskan pindah ke lain platform adalah proses yang sebenarnya bisa dihindari dari awal. Bahkan kadang-kadang merepotkan apabila anda telah memiliki konten yang banyak dalam satu platform. Intinya ketidaksesuaian antara kebutuhan dan layanan sebuah blogging platform harus dihindari sedini mungkin.

Ketahui kebutuhan blog anda

Apakah blog anda adalah sebuah e-commerce, blog seni atau hobi, blog untuk sebuah perusahaan atau bisnis yang anda kelola, atau sekedar blog personal? Semuanya itu harus dipastikan sejak awal.

Lakukan sedikit evaluasi sejak awal. Misalnya blog anda adalah sebuah blog seni, maka setidaknya anda memerlukan sebuah blog dengan tampilan yang fokus pada sebuah showcase. Sebuah galeri foto yang memuat karya-karya seni anda. Untuk itu anda wajib mencari tahu platform manakah yang menyediakan fitur-fitur tersebut.

Berbeda lagi jika blog anda adalah blog e-commerce. Anda ingin menjual produk lewat blog anda. Setidaknya pikirkan adanya kemungkinan sebuah tampilan blog dengan etalase produk. Ditambah lagi anda harus memastikan platform yang anda pilih menyediakan perangkat tambahan (plugin) untuk sebuah e-commerce.

Pilih WordPress atau Blogger

Tentukan pilihan

Di atas adalah tabel kecocokan platform yang disarikan dari internet. Dengan berbekal tambahan tabel tersebut, anda mungkin akan sedikit terbantu untuk menentukan pilihan.

Selamat menentukan pilihan dan selamat berkarya!

Peminat dan penikmat WordPress, blogging, desain, dan marketing.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *