Anda Membutuhkan Lebih Dari Sekadar Situs Web

Anda harus membuat sebuah situs web karena situs web seperti sebuah kantor atau toko yang buka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Anda tidak perlu mahal-mahal menyewa tempat dan membayar karyawan. Anda hanya perlu membeli domain, hosting, dan membayar jasa pembuatan situs web. Setelah itu, usaha anda akan melayani pelanggan secara non-stop dan dengan begitu pendapatan anda akan mengalir pula. Anda tidak perlu mengelolanya. Terdengar seperti mimpi di siang bolong…

mogamogaku.com/blog - Ilustrasi

Kenyataannya kondisi ideal di atas sangat sulit terwujud. Penyebab utamanya adalah: anda mengira dengan membuat sebuah situs web sudahlah cukup. Sudah selesai. Ini yang membuat ribuan situs web terbengkalai dan tidak menghasilkan apapun. Anda perlu mengelolanya.

Situs web yang baru saja anda bangun adalah titik awal di mana anda harus melakukan banyak hal, banyak sekali hal, saya ulangi, untuk mewujudkan mimpi di siang bolong itu. Begitu banyak hal yang harus dilakukan hingga kemungkinan anda akan sampai pada suatu kondisi di mana anda berpikir bahwa membuat toko atau kantor offline jauh lebih ‘masuk akal’ daripada mengelola situs web. Kemungkinan besar itu akan atau pernah terjadi pada diri anda.

Kebetulan saya adalah seorang desainer situs web. Saya selalu menekankan pada klien saya di awal pertemuan bahwa anda tidak bisa hanya mengandalkan situs web yang telah saya buat untuk meningkatkan produktivitas usaha anda. Tugas saya adalah membuatkan anda sebuah situs web yang berfungsi penuh termasuk di dalamnya kemampuan untuk mengemban tugas-tugas strategi marketing. Tugas anda sebagai klien saya adalah mengelola situs web ini beserta seluruh strategi marketingnya. Saya membuatkan anda sebuah kantor/toko, dan anda yang mengelola.

Masalahnya beberapa orang menganggap tugas pengelolaan ini sebagai tugas sampingan yang sering mendapatkan prioritas paling akhir. Saya akan berikan beberapa manfaat nyata dari sebuah situs web.  Dari beberapa manfaat itu anda akan menyadari betapa pentingnya pengelolaan anda.

Mengelola situs anda dengan memuat informasi valid

Sebelum anda menyebarkan brosur promo, anda dapat menggunakan situs web anda sebagai tempat menayangkan detail promo yang anda buat. Brosur atau pamflet yang anda sebarkan sebaiknya singkat dan padat agar tidak memakan banyak biaya.

Di brosur atau pamflet tersebut anda bisa cantumkan link ke alamat situs web anda untuk mengetahui lebih detail tentang promo tersebut. Ini akan meningkatkan jumlah pengunjung situs web anda. Selain itu dapat membangun kebiasaan bagi pelanggan untuk senantiasa mengunjungi situs web anda dan mencari tahu promo atau informasi valid terbaru.

Mengelola situs anda seperti mengelola toko atau kantor

Anda sebaiknya mulai memperlakukan situs web anda sebagai kantor/toko. Tayangkan informasi penting buat pelanggan. Promo-promo, diskon, hadiah, produk terbaru, jasa-jasa, dan lain-lain. Anda bisa melakukan ini jauh sebelum anda memutuskan untuk mencetaknya sebagai brosur, pamflet, atau baliho.

Gunakan potensi 24/7 yang dimiliki oleh sebuah situs web. Anda dapat memberikan jawaban langsung atas pertanyaan pelanggan. Bahkan anda dapat memproses penjualan langsung di situs anda. Ini akan memperpendek proses panjang yang biasanya terjadi di kantor/toko offline.

Situs web anda dapat meningkatkan jumlah pelanggan baru

Orang masuk ke dunia internet seringkali karena ingin mencari solusi. Situs web anda adalah solusi bagi orang-orang tertentu. Gunakan potensi ini. Perhatikan bahwa pelanggan lama kemungkinan tidak menemui kesulitan dalam memahami usaha anda dan menggunakan situs anda. Tapi pelanggan baru belum tentu demikian. Untuk itu anda harus memiliki desain situs web yang mampu melakukan tugas ini dengan baik. Serahkan pada ahlinya. Atau anda berpotensi mengalihkan ratusan bahkan ribuan pelanggan anda ke pesaing anda. Anda sebagai pemilik wajib menyediakan strategi konten yang tepat untuk menarik pelanggan baru.

Hanya dengan melihat tiga contoh manfaat situs web, nampak sekali bahwa anda wajib mengelola situs web anda dan memberikan prioritas yang tinggi dalam strategi marketing anda.

Situs web yang didesain dengan profesional lalu dikelola dengan profesional pula adalah syarat utama meningkatkan produktivitas dan pendapatan usaha anda. Anda tidak perlu merasa kerepotan dengan pengelolaan situs web anda, karena ini erat hubungannya dengan siapa yang anda pilih untuk membangun situs web anda.

Sebuah saran penting, jangan mempertaruhkan masa depan situs web anda dan usaha anda pada jasa pembuat situs web yang tidak profesional. Anda tidak akan kerepotan dalam mengelola situs web anda apabila anda menyerahkan pembuatan situs web anda pada tim profesional. Dan satu hal penting ini akan mendongkrak kredibilitas situs atau blog anda.

Selamat berkarya!

Peminat dan penikmat WordPress, blogging, desain, dan marketing.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *